Thursday, March 5, 2009 12:23 PM

Fenomena Radio Gen FM

Radio Gen FM mengguncang Jakarta!!! Ya, fenomena yang diciptakan Radio Gen FM memang memberikan warna baru bagi penikmat radio di Jakarta. Radio Gen FM yang tergolong pendatang baru ( sekitar tahun 2007an ) telah menguasai hampir seluruh lapisan penikmat radio di Jakarta. Mulai dari di dalam bus kota, mikrolet, mobil pribadi, pasar, warung, pos satpam, Mall, restoran, dan masih banyak lagi yang memutarkan siaran Radio Gen FM. Apa sesungguhnya yang membuat Radio Gen FM menjadi fenomenal seperti ini??

Mungkin baru Radio Gen FM yang bisa memutarkan lagu-lagu top hits disepanjang siarannya. Semua lagu, yang sebagian besar lagu Indonesia, merupakan lagu-lagu yang ngehits di setiap zaman. Seringkali bila seseorang mendengarkan radio, dia hanya mencari radio yang memutarkan lagu yang orang itu tau, sehingga si orang itu bisa ikut bernyanyi. Bila lagu yang dia tau sudah habis, dan berganti dengan lagu yang dia tidak tau, maka biasanya orang itu kembali mencari saluran radio lain untuk menemukan lagu yang dia tau lagi. Dan begitu seterusnya.

Lain halnya dengan Radio Gen FM Hampir, atau bahkan, memang seluruh lagu yang diputarkan Radio Gen FM, adalah lagu yang diketahui semua orang. Lagu yang bisa membuat pendengarnya ikut bernyanyi. " Enak yah, sekarang ga perlu lagi bikin CD lagu buat dengerin di mobil", komentar salah seorang teman saya. Ya, mungkin dahulu, ketika seseorang ingin bepergian dengan mobil pribadi, orang itu biasanya nge-burn CD yang berisi lagu-lagu favorite dia, untuk menemani dia sepanjang perjalanan. Tapi sekarang tidak. Radio Gen FM telah memecahkan masalah itu.

Kejadian - kejadian fenomenal pun menjadi sering terjadi terkait keberadaan Radio Gen FM ini. Sering suatu kali saya berjalan di sepanjang trotoar, dari Pertigaan Rawa belong menuju Kemanggisan, Saya mendengarkan siaran Radio Gen FM secara serentak dari sekian banyak tempat usaha di pinggir trotoar tersebut. Siarannya sama, lagu nya juga sama, padahal saya terus berjalan menuju tempat tujuan. Paling, yang membedakannya hanya peralatan untuk mengeluarkan suara lagu dari Radio Gen FM itu. Ada yang dari radio kecil, ada yang dari radio di hp si pemilik toko, ada yang dari Boom box, bahkan ada yang streaming dari internet.

Yang lebih konyol adalah ketika saya mengendarai mobil. Saat itu saya melintasi jalan kesehatan, di sekitar Bintaro sektor 1. Keadaan jalan yang padat merayap membuat mobil saya tidak dapat melaju. Begitupun dengan arah yang sebaliknya. Saat itu, seperti biasa, saya mendengar lagu-lagu dari Radio Gen FM, dan ikut melantukan lagu itu. Ketika saya melirik ke mobil di arah jalanan sebaliknya, si pengendara juga melirik ke arah saya. Dan tanpa disadari, saya dan orang itu saling menatap dengan gerakan bibir yang sama persis. Yaitu gerakan bibir menyanyikan lagu Radio Gen FM yang saat itu sedang diputar. Hebat!!!! Saya pun merasa malu, dan memalingkan muka. Cerita itu belum berakhir. Ketika mobil saya melingas di arteri Pondok Indah yang kearah Permata Hijau, di trotoar sedang berjalan seorang anak muda dengan earphone melekat dikuping yang disambungkan dari Hp nya. Dan saya lihat, lagi-lagi gerakan bibir orang itu sama persis seperti gerakan bibir saya yang sedang menyanyikan lagu yang saat itu sedang diputar di Radio Gen FM. Benar-benar menakjubkan!!!

Masih banyak lagi cerita-cerita yang saya alami terkait fenomena Radio Gen FM yang tidak dapat saya ceritakan disini. Radio Gen FM memang mengguncang Jakarta. Walaupun menurut saya, masih banyak kekurangan yang dimilik oleh Radio Gen FM, seperti terlalu seringnya siaran secara recording . Tapi mungkin itu karena Radio Gen FM masih tergolong sangat baru, dan sedang merencanakan perkembangannya.

Di luar itu, Radio Gen FM memang menghentak Jakarta. Terus berkarya Radio Gen FM!!!

0 Comments On "Fenomena Radio Gen FM"