Monday, February 9, 2009 5:40 PM

Ketika Flexi memuji Esia......

Tahukan anda, Tempat apa yang membuat orang PASTI berkata jujur??? Pengadilan??? bukan....Kantor Polisi??bukan........Warung Kopi!! ya, warung kopilah tempat dimana orang akan berkata apa adanya, jujur, dan tidak ditutupi. Pembicaraan yang terjadi di warung kopi lah, pembicaraan yang sejujur-jujurnya.

Hal ini saya alami pada awal februari 2009. Ketika itu hujan turun sangat deras. Saat itu saya ingin sekali menyambangi counter Hp Flexi yang terletak di pelataran depan kantor Telkom, Jakarta Selatan. Namun, hujan yang cukup deras itu membuat counter penjualan Flexi harus tutup. Maka saya dan seorang teman saya berteduh di depan sebuah warung kopi. Niat saya untuk menghampiri counter Flexi sebenernya hanya ingin mengecek harga Hp Fleksi saat itu.

Lalu lewat lah seorang Pria setengah baya di tepat didepan kami berdiri. Saya lihat Bapak itu mengenakan seragam bertuliskan "PT.Telkom". lalu saya colek punggungnya, "Maaf Pak, Bapak karyawan Telkom ya?", tanya saya. Dia pun menjawab, "iya, ada apa mas?". Lalu saya menanyakan tentang keberadaan counter penjualan Flexi. Si Bapak pun menunjuk salah satu warung kopi di sekitar itu, dan mengatakan " Itu mas, mba-mba penjualnya lagi neduh disitu. Biasanya sih emang buka. Tapi ujan gini, tuh tanya aja mas".

Saya pun menerobos hujan untuk bisa menemukan mba-mba penjual Flexi. Setelah beberapa saat berbincang, mba itu ngasih saya brosur, dan kepentingan saya pun selesai. Tapi hujan yang turun cukup deras membuat saya tidak bisa beranjak dari tempat itu. Saya dan teman saya pun tetap berdiri disana, dengan posisi membelakangi petugas Flexi itu. Dan disinilah obrolan jujur itu terjadi.

Mereka berjumlah 3 orang. Dua orang SPG penjual Flexi, dan satu orang Karyawan Flexi. Nampaknya mereka sedang asik berbicara, ngopi, dan menunggu hujan reda. Lalu salah satu SPG mengeluarkan Hp dari tas nya. Saya yang berdiri tepat di depan mereka tentu mendengar dengan jelas percakapan mereka. Percakapan itu pun terjadi.

Pria : "Woi, ngapapin lo pake ESIA...?????Mana ada orang kita yang pake Esia".
SPG 1: "hehehe....ada lah Pak, si A pake ESIA, si B juga.. saya tidak ingat nama-nama yang wanita itu sebutkan)
Pria : "Enggak, ga ada itu. Masa karyawan Flexi pake Esia???"
SPG 1: " eh, pak..bukannya gimana nih, jujur aja, kalau lagi hujan deras gini, Flexi mah ga bisa dipake. Saya udah pernah nyoba pak, pas hujan deras gini, saya dempetin hp Flexi sama hp Esia saya. Esia masih ada sinyal, klo Flexi..mana ada......he..he.."

Saya pun baru tahu tentang kondisi itu, ya dari obrolan mereka. Karena selama ini saya hanya memakai ESIA dan belum pernah nyoba pakai Flexi. Saya sempat berpikir, ga mungkin sekali pembicaraan ini terjadi di saat jam kerja, atau di dalam kantor Telkom, atau di counter penjualan Flexi itu sekalipun.

Setahu saya, seburuk-buruknya produk kita, kita tetap harus "menjual" produk kita dengan sebaik mungkin, tentu bukan dengan cara membeberkan kelemahan produk kita sendiri.

Tapi, ya itu dia, SPG itu hanyalah seorang wanita normal yang bebas menggunakan dan menilai produk apapun, terlepas dari dia sebagai karyawan salah satu produk. Dan memang, Sejujur-jujurnya orang.....adalah orang yang berbicara diwarung kopi..Hingga si SPG pun menantang si Bapak, " Coba pak, Bapak telpon pake Flexi sekarang....pasti a..e...a...e....a....t...."

0 Comments On "Ketika Flexi memuji Esia......"