Saturday, March 17, 2007 12:31 AM

Sepakbola Kita dan Sepakbola Mereka

Hmm..2 hari yang lalu gw nonton berita di TV.Jujur,feels like wanna threw out somethin from my stomach.Gw ngeliat suporter PERSIJA Jakarta bentrok dengan suporter PSKT Tanggerang..di channel lain,suporter PERSIB BAndung bentrok sama polisi,gara2 pengen masuk stadion padahal ga punya tiket.Asal kalian tau,gw adalah penggila sepakbola..tapi asal kalian tau juga,bukan sepakbola Indonesia.Gimana yah,gw selalu merinding tiap nonton berita kaya gini.Itu kenapa,gw ga pernah sama sekali nonton Liga Indonesia,termasuk TIMNAS Indonesia klo tanding antar negara.Apa gw NGGA NASIONALIS???nih gw jelasin..Kekerasan dan sepakbola adalah hal yang ga bisa dipisahkan.Di sepak bola "mereka" pun,sering terjadi.Coba klo lo nonton final piala FA antar ARSENAL dan CHELSEA,3 orang sampe di kartu merah sama wasitnya.EMMANUEL ADEBAYOUR sama FRANK LAMPARD pun dorong2an.Trus,piala Champions antara INTER MILAN dan VALENCIA,ketika pemain valencia nonjok hidung pemain intermilan sampe patah,bahkan sampe ke ruang ganti.Atau yang paling sering kita liat lah,di liga AMERIKA LATIN..sering banget terjadi bentrokan,entah antar pemain,maupun antar supoerter.Lalu,APA BEDANYA DENGAN KITA??Bener2 beda...Buat "mereka",hal itu adalah kejadian yang amat sangat memalukan dan butuh perhatian khusus.Sedangkan buat kita.... hal itu adalah hal yang wajar yang justru membuat orang mengerutkan dahi nya klo dah ga kaya gitu lagi.Waktu kerusuhan di liga itali antara PALERMO vs CATANIA,yang menewaskan 1 orang polisi..lo tau apa efeknya????Presiden kedua klub MENGUNDURKAN DIRI,pertandingan liga itali pun ga boleh ada penonton,cuma di sekitar 5 stadion aja yang boleh,itu pun dengan pengamanan yang amat super ketat..Bahkan,Presiden ITALI sempat akan menghapus sepakbola dari negri mereka,padahal kita semua tau,itu adalah identitas mereka.Tim2 lain yang melakukan hal serupa pun,dihukum dengan denda yang sangat besar.APA YANG SALAH??SIAPA??KENAPA??..Menurut gw,masalahnya ada sama mental orang INDONESIA yang lebih tipis dari tempe..Lo dah pernah nonton FIlm "GREEN STREET HOOLIGAN"??..film itu nyeritain gimana seorang dan geng nya yang bener fanatik sama salah satu klub di liga Inggris..Di film itu juga diceritain,klo ternyata setiap klub di liga inggris punya kelompok HOOLIGAN yang selalu ribut tiap abis pertandingan..Tapi,apa kita semua dah tau hal itu??klo ga nonton film itu,mungkin sampe sekarang gw ga tau.Menurut gw, Orang Indonesia belum bisa besar hati nerima kekalahan.seakan-akan dalam pertandingan cuma ada 1 pilihan,yaitu menang.bagus sih,untuk lebih memotivasi.Tapi klo kenyataannya kalah??Gw pernah nonton final PIALA FA sekitar tahun 2003 or 2004 antara MU vs Newcastle.Pertandingan itu sangat panas di lapangan..dan bener2 seru...dan lo tau,ketika MU berhasil menang,dan jadi juara..SUPORTER NEWCASTLE BERDIRI,MENANGIS,NAMUN TETEP BERTEPUK TANGAN,untuk ngasih dukungan buat tim kesayangannya yang dah berjuang mati2an.Hal in tersorot jelas di TV rumah gw pas gw nonton.Gw merinding banget...Sumpah..Mereka yg gw liat terus emosional ngedukung timnya selama pertandingan,tapi ketika kalah,mereka bisa berjiwa besar dan terus ngasih dukungan.Coba lo perhatiin...stadion bola di indonesia,rata2 di kelilingi sama lintasan lari,dan jarak ke pononton pun sangat jauh,di tambah kawat yang menjulang tinggi untuk ngebatesin penonton..TApi,mereka tetep aja berbuat rusuh,ngelempar barang ke stadion,bahkan masuk ke stadion.Coba lo nonton liga Ingrris di TV 7 setiap sabtu dan minggu malem.Jarak dari lapangan ke penonton ga ada 100 meter,dan tanpa bates apapun..Tapi,apa yang kita liat??mereka tetep ditempatnya,walau se emosi apapun..Gw ngebayangin,klo lapangan bola di Indonesia kaya gitu,dengan kelakuan suporter bola Indonesia,..kaya apa ya jadinya..he..he..Di liga inggris pun,klo kita perhatiin,banyak banget kakek2,nenek2,yg dateng sama cucu2 mereka,untuk menonton pertandingan..YA IYA LAH...mereka ngerasa terhibur dengan nonton gt.Bahkan,di OLD TRAFFORD,stadion MU..tmpat terdepan di tribun penonton disediain buat orang2 cacat.Nah,klo Indonesia????Orang yang sehat wal afiat aja mikir ribuan kali buat dateng ke stadion buat nonton pertandingan.Seseorang akan menjadi brutal ketika rasa fanatisme menjadi berlebihan..hal ini berlaku buat mereka,dan juga kita..Tapi,fanatisme mereka beralasan.Tim yang mereka dukung memang berkualitas dan berprestasi.ntah klub nya,ataupun Tim Negaranya..Nah,klo Indonesia???Untuk engga berantem di lapangan dan ngedorong wasit aja dah sukur..Gimana yah,sory nih..tapi gw bener2 jijik ma sepakbola iNdonesia.Di Inggris,wasit ga boleh disentuh.Apapun keputusannya,keputusan wasit adalah final..ntar urusan keputusan wasit yg salah,urusannya sama lembaga sepakbolanya.Nah,klo Indonesia??ngerasa dirugiin dikit,wasit didorong,dipukul,bahkan gw pernah ngeliat Pelatih dan Official tim Liga Indonesia juga ikut mukul...Pernah gw ngeliat,rombongan suproter persija beriringan naik di atas Bis Kota,nyanyi2 yel2 buat tim mereka,mukul2 galon..dan gw tau,ntar sore nya PERSIJA mau tanding.Gw Mikir,ngapain yah mereka kaya gitu..apalagi gw liat mereka rata2 masih anak sekolahan.Jujur,klo gw hidup di INGGRIS,gw rela harus kaya gitu buat ngedukung tim Kota gw.Tapi untuk tim Liga Indonesia,yang bermain di Kompetisi yang "masih kaya gini",dengan aturan "yang masih kaya gini",dan dengan prestasi "yang masih kaya gini"....It'll be better to spent my time on the closet n drop my Sh*t!!!!Klo lo bilang gw GA CINTA TANAH AIR.....terserah lo deh..yang jelas,klo cuma sekedar alasan cinta tanah air..gw masih ga rela nyediain waktu gw buta nonton liga indonesia....

0 Comments On "Sepakbola Kita dan Sepakbola Mereka"