Sunday, March 4, 2007 12:55 AM

ekonomi vs teknologi

sebelomnya gw mau bilang, klo gw bukan seorang pakar ekonomi,dan juga bukan seorang pakar teknologi.gw cuma mahasiswa ekstensi UGM kelas STAN Jakarta yang masih bingung dengan jalan masa depan gw..he..he..jadi,tulisan yang akan gw tulis ini,sebagian besar merupakan pendapat subjektif dari gw pribadi.Gw sama sekali ga mau ngomongin hubungan/keterkaitan antara ekonomi dengan teknologi.Karna hal itu udah banyak dijelasin di mata kuliah yang kita pelajarin.Justru sebaliknya.Gw mau ngomongin ke-ber-tolak belakangan diantaranya.Itu kenapa gw tulis Title nya " EKONOMI VS TEKNOLOGI", bukan "EKONOMI & TEKNOLOGI".Hal ini bermula ketika gw mampir ke kosan fuad.di situ gw cerita gimana ga sukanya gw sama akuntansi.apalagi auditing.Gw bilang klo gw salah jurusan.Gw menganggap,gw dah tenggelam terlalu dalam di laut yang bernama "akuntansi",dan diiket pula sama batu yang bernama "auditing"..Apa yang harus gw lakukan??mencoba menyukai ikan,karang,tumbuhan,dan mahluk2 laut disekitar gw,karna gw dah nyemplung terlalu dalem?atau,gw harus berusaha keluar dari "laut" itu,dan mulai dunia yang baru?.Untuk keluar dari "laut" itu,gw rasa susah..lagian gw ga ada dasar dan dah telat banget buat mulai "dunia" yang baru..Tapi gw yakin,masih ada yg bisa gw lakuin di dalem situ.PERMASALAHAN MUNCUL pas di tempat parkir Fuad bilang orang yang menguasai ekonomi,akan menguasai dunia"...menurut gw itu SALAH BESAR..buat gw,ORANG YANG MENGUASAI TEKNOLOGI YANG AKAN MENGUASAI DUNIA..emang sih,Fuad bilang klo ekonomi dah ada dari dulu,sedangkan teknologi baru muncul..Sekarang gw coba tanya, apa pengaruh perekonomian terhadap perkembangan teknologi??menurut gw,ga banyak...bahkan kurang signifikan..Tapi coba lu pikirin,apa pengaruh perkembangan teknologi terhadap perekonomian??buuanyak banget...klo perekonomian kita hancur lebur,orang 2 tetep make internet buat nyari info,transaksi bank,ngecek email,dll..seakan ga terpengaruh akan hancurnya perkenomian negara kita.Yah..paling,biaya warnet jadi aga mahal aja.Tapi coba lo bayangin waktu serat optik yang di bawah laut THAILAND putus pas gempa kemaren....perkenomian dunia,termasuk Indonesia pun hancur lebur...berapa miliar perputaran uang terhenti gara2 hal itu?sekarang kita bisa melakukan kegiatan perekonomian yang demikian canggihnya,kaya ATM,online banking,dll,emang karena apa??TEKNOLOGI...Dan apakah sekarang kita bisa menikmati canggihnya Teknologi saat ini karena perekonomian??saya rasa tidak (he..he..he..)..Satu hal yang pasti..Perekonomian itu bisa naik turun,ada fluktuasinya...sedangkan teknologi,enggak..sampai kapanpun teknologi akan bergerak naik dan berkembang pesat. Buat gw,mengamati Roy Suryo meneliti CCTV ( Close Camera Television ) di Hotel Grand Meteng,yang pada akhirnya bisa mengetahui BERAPA KG BERAT TAS YANG DIBAWA ORANG YANG ADA DI CCTV,KAYA APA BENTUK MUKANYA,SAMPAI AKHIRNYA BISA MENDESKRIPSIKAN PELAKU PEMBUNUHAN,jauh lebih menarik dari pada mendengarkan dan membaca pernyataan "tahun ini diperkirakan nilai rupiah akan menguat" atau "inflasi diperkirakan akan mencapai ..bla..bla..bla..." dari seorang pakar ekonomi...Buat gw,seorang cowo akan terlihat lebih jantan dan intelek ketika dia bisa ngerubah nama parpol PDI-P, PAN,PPP,dll, menjadi nama partai MANGGA,APEL,dll..atau ketika membaca berita seorang INGGRIS ditangkap karena meng-hack data milik CIA......daripada seorang cowo yang bisa memanipulasi /mengecilkan pajak suatu perusahaan,atau sekedar menerima permintaan klien untuk memutar otak tentang pengakalan pengecilan keuntungan agar mendapat pajak yang kecil.....Buat gw,lebih mengagumkan menyaksikan WILL SMITH dikejar-kejar oleh CIA melalui CHIP yang nempel pada badannya dan terlacak SATELIT di film ENEMY OF THE STATE,dari pada menyaksikan bagaimana seorang auditor dapat melakukan window dressing dan kebohongan publik dengan keahlian yang dimilikinnya..Mungkin itu kenapa sampe saat ini gw sama sekali ga tertarik untuk nyari kerja di KAP seperti yang temen2 gw banyak lakuin..Sekali lagi,tulisan ini sama sekali ga bermaksud menghasut atau mempropaganda..he..he..buat temen2 yang emang kayanya suka banget akuntansi,apalagi auditing...buat temen2 yang suka banget gimana ngebikin debit harus sama sama kredit..dan buat temen2 yang suka banget
bekerja dibawah sebuah STANDAR yang ga memungkinkan kita mengexplor kemampuan lagi...sok atuh...teruskan saja...Tapi buat gw mah,yah..doain aja deh...gw bisa hidup dari dunia di luar ini...klo pun emang harus di dunia ini,gw berharap bisa lebih menjadi ahli teknologinya/sistemnya, dari pada menjadi ahli menjalankannya..he..he..karna buat gw,teknologi mendorong kita untuk terus bereksplorasi dan berkresi tanpa batas untuk mendapatkan inovasi terbaru..bukan seperti akuntansi/auditing yang sudah tersedia STANDAR yang memaksa kita harus mematuhinya............

0 Comments On "ekonomi vs teknologi"