Wednesday, June 10, 2009 2:43 PM

Honda Permata Hijau : Kepuasan Pelanggan Optimal












Honda Permata Hijau- Dalam menjalankan usaha, sudah selayaknya pengelola usaha mementingkan kepuasan dan kenyamanan konsumen. Itu lah yang saya rasakan di Honda Permata Hijau. Honda Permata Hijau telah melakukan, menurut saya, hal yang sangat maksimal terhadap kepuasan dan kenyamanan pelanggan. Karena saya yakin, bahkan tidak semua bengkel Honda di Jakarta, menyediakan kenyamanan seperti itu.

Mobil Honda Jazz saya kebetulan sudah memasuki kilometer ke 40.000, dan sudah saat nya untuk masuk bengkel untuk servis berkala. Biasanya, saya selalu mengunjungi Honda Kebon Jeruk, namun sudah dua kali ini ( 30.000 dan 40.000 ) saya ganti lokasi, ke Honda Permata Hijau, karena memang letaknya lebih dekat dengan rumah saya. Pas servis 30.000 km, saya tidak sempat menunggu di ruang tunggu yang disediakannya, sehingga saya belum tau tentang keindahan Honda Permata Hijau.

Saya lalu berbicara dengan CS untuk masalah servis mobil ini. Saya diberikan sebuah kertas untuk pembayaran dan pengambilan mobil, serta sebuah kupon yang dapat ditukarkan dengan sebuah minuman dan sebuah snack di ruang tunggu. " Silahkan ke atas mas, di ruang tunggu", ucap si CS mempersilahkan saya untuk menunggu mobil saya selesai dikerjakan yang, katanya, sekitar 3-4 jam baru selesai. Sebenernya, di tempat manapun, menunggu di ruang tunggu adalah sebuah pilihan yang paling tidak saya sukai. Entah karena apa, mungkin saya berpikir, ga bisa ngerokok lah, ngebosenin lah, dan lain sebagainya. Tapi hal ini menjadi lain , ketika saya memaksakan diri untuk bergerak naik tangga menuju ruang tunggu.

Indah........Nyaman....dan menakjubkan. Itulah gambaran pertama ketika saya melihat keadaan di ruang tunggu Honda Permata Hijau. Selepas menaiki tangga, di depan saya terhampar luas jajaran sofa empuk untuk 2 orang, menghadap ke tembok utara. Di depan sofa-sofa itu terdapat meja yang ukurannya pas untuk meletakan makanan ataupun majalah. Di tembok utara tersebut terdapat 3 buah tv flat. Tv 1(tengah) menayangkan siaran televisi normal ( saat itu sedang acara gosip ), TV 2 (kanan) menayangkan daftar mobil-mobil yang sedang dikerjakan, jam datangnya, estimasi selesai dikerjakan, serta statusnya ( TUNGGU/TINGGAL ). Bersebrangan dengan 3 TV itu terdapat sebuah meja pangjang untuk 2 kursi, dengan satu buah komputer. O iya, seluruh area disini diberikan fasilitas wi-fi.

Saya pun menukarkan kupon itu dengan secangkir kopi, dan sebuah kue pastel. Lalu saya menuju ke smooking room yang letaknya di suduk kiri belakang dari ruang tunggu itu. Menakjubkan...smooking room itu tetap dingin, full AC, dan juga ada hexos penyedot asap rokok. Satu hal yang sering saya perhatikan dari sekian banyak tempat usaha, dari hotel, mall, dan lainnya, adalah smooking room tidak dibuat nyaman. Hanya diberikan kipas, tidak sejuk, dan bikin sumpek. Entah mungkin bermaksud agar tidak betah merokok, namun mereka nampaknya melupakan, kalau perokok dan non perokok sama-sama punya hak untuk dilayani.

Didalam smooking room terdapat sebuah kursi untuk relaksasi, dan juga di luar smooking room. GRATIS!!!!!!!!!!!!... Tinggal hubungi operatornya dan semua konsumen bisa menggunakan. Di meja yang tadi saya ceritakan, terdapat sebuah komputer yang tersambung dengan internet yang bebas digunakan sama siapa saja. Benar-Benar menakjubkan.

Lalu, ketika masuk waktu dzuhur, saya pun bergegas ke kamar mandi. Di dalam lorong yang terletak disamping tangga itu, terdapat sebuah musholla, wc pria, dan wc wanita...Dan tidak ada sama sekali aroma pengap dan lainnya, seperti ketika masuk ke area toilet di lokasi lain. Di depan musholla tersebut di letakan sebuah sandal jepit warna hijau, yang ternyata, tidak ada yang punya dan memang diperuntukan untuk orang yang ingin mengambil wudhu. Nah, ini dia satu hal yang sering luput oleh pengelola bisnis lainnya. Kebanyakan dari tempat usaha, memang menyediakan musholla, namun mereka tidak menyediakan kran air untuk berwudhu. Kebanyakan kita harus masuk ke bilik kamar mandi, lalu membuka kran untuk mengisi ember..bahkan, kita harus menyemprot-nyemprot muka kita pakai semprotan wc. Tapi tidak disini. Honda Permata Hijau menyediakan keran air beserta injekan kakinya untuk berwudhu, yang letaknya di sebelah kiri washtafle. Benar-benar komposisi yang indah.

Memang, sebaiknya setiap pengelola usaha harus memperhatikan kepuasan dan kenyamanan pelanggan. Apalagi bagi tempat usaha yang memang menjual jasa. Kepuasan pelanggan menjadi mutlak. Mungkin contoh seperti kelakuan pelayan loca, dan hebatnya manajer in charge dari J-co dapat menjadi contoh tentang bagaimana seharusnya mengoptimalkan kepuasan pelanggan.

caoo.

0 Comments On "Honda Permata Hijau : Kepuasan Pelanggan Optimal"